Implementasi JDIH di Wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Agama Semarang

Drs. H. Mansur Nasir, S.H., M.H., Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang, pada hari ini Rabu, 11 Pebruari 2015 membuka secara resmi acara Implementasi Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) di wilayah hukum PTA Semarang.

Acara implementasi JDIH ini diikuti oleh 39 orang peserta yang merupakan operator web site pada satker Pengadilan Agama se jawa Tengah, Peradilan Tata Usaha Negara Semarang dan Mahkamah Militer II-10 Semarang dengan nara sumber dari Tim JDIH Mahkamah Agung R.I. yang dipimpin oleh Bp. Sarno, S.H., M.H. Kasubag Jaringan Dokumentasi Hukum.

Sesaat sebelum membuka acara secara resmi, Ketua PTA Semarang sangat mengharapkan para peserta bisa mengikuti acara dengan penuh semangat dan keseriusan karena JDIH merupakan amanat perundang-undangan, yaitu Peraturan Presiden Nomor 33 Tahun 2012 tentang Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional, yang harus diimplementasikan pada satuan kerja masing-masing.

Dihadapan Wakil Ketua PTA Semarang, para Hakim Tinggi yang menjadi Askorwil PA se Jawa Tengah dan para peserta, Ketua PTA Semarang mengucapkan terimakasih yang sebesar-besrnya kepada Tim JDIH Mahkamah Agung R.I. yang akan memberikan tutorial pembuatan web JDIH satker sehingga dengan demikian akan meningkatkan kinerja aparat Peradilan di bawah Mahkamah Agung dalam melayani masyarakat pencari keadilan akan kebutuhan informasi produk-produk hukum.

Sementara itu, Bp. Sarno, S.H., M.H., selaku Ketua Tim JDIH MARI menyampaikan bahwa Pimpinan Mahkamah Agung R.I. memandang betapa pentingnya JDIH ini. Dengan mengakses website JDIH akan dapat diunggah dengan mudah dan cepat semua peraturan perundangan sejak undang-undang hingga Peraturan Mahkamah Agung baik oleh hakim maupun masyarakat luas.

Read more: Implementasi JDIH di Wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Agama Semarang

Website JDIH PTA Semarang Sudah Dapat Dinikmati

 

Menindaklanjuti implementasi JDIH yang dilaksanakan oleh Biro Hukum dan Humas Mahkamah Agung RI tanggal 11 Februari 2015 di Pengadilan Tinggi Agama Semarang diikuti oleh Satuan Kerja Pengadilan Agama se-Jawa Tengah, Dilmil II-10, dan PTUN Semarang, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang langsung merespon baik dengan menerbitkan Surat Keputusan tertanggal 13 Februari 2015 Nomor : W11-A/521/Kp.04.5/II/2015 tentang Tim Pengelola Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) Pengadilan Tinggi Agama Semarang. 

Tim yang diketuai oleh Arief Hidayat yang juga Wakil Sekretaris Pengadilan Tinggi Agama Semarang bersama seluruh anggota Tim langsung bekerja mempersiapkan format JDIH Pengadilan Tinggi Agama Semarang, dari mulai design web sampai kepada menu JDIH, atas persetujuan Panitera/Sekretaris Pengadilan Tinggi Agama Semarang selaku penanggungjawab tim, hasilnya format JDIH Pengadilan Tinggi Agama Semarang dapat dinikmati secara online melalui http://jdih.pta-semarang.go.id.

Dengan telah meluncurnya situs JDIH Pengadilan Tinggi Agama Semarang, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang Drs. H. Mansur Nasir, S.H.,M.H. menyambut baik dan berterimakasih kepada tim yang telah bekerja keras sehingga terwujudnya situs ini sebagai upaya menyajikan informasi mengenai produk hukum dan kebijakan Mahkamah Agung pada umumnya dan Pengadilan Tinggi Agama semarang khususnya. Kegiatan ini harus diikuti oleh seluruh Pengadilan Agama Se-Jawa Tengah dalam upaya memberikan informasi serupa kepada seluruh stake holder Peradilan Agama se Provinsi Jawa Tengah, tambah KPTA Semarang.

Arief Hidayat selaku ketua tim meminta kepada anggota tim, sesuai visi JDIH PTA Semarang “Informasi hukum untuk semua”, semuanya dapat memberikan informasi yang berkaitan dengan produk hukum baik berupa edaran, surat keputusan maupun surat tugas yang telah diterbitkan supaya segera dipublish di JDIH PTA Semarang, sehingga informasi yang diberikan selalu update selain itu upaya ini dalam rangka memberikan informasi kepada semua yang membutuhkannya dengan cepat, tambah Arief Hidayat.

Kami tim redaksi JDIH PTA Semarang tetap meminta saran untuk peningkatan situs ini dan selamat menikmati.

sumber : jdih.pta-semarang.go.id